Tanda Tubuh Kekurangan Gizi

Kekurangan gizi (malnutrisi) merupakan gangguan kesehatan serius yang terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi ini sangat penting agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Gizi

Selamat datang di salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi “tanda tubuh kekurangan gizi“.

Malnutrisi tidak terjadi dalam satu atau dua hari, tapi terakumulasi selama periode yang lama. Tanda tubuh mengalami kekurangan gizi pun mungkin kamu tidak begitu menyadarinya. Berikut tanda-tanda tubuh kamu kekurangan gizi:

  1. Tanda paling umum yaitu penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Meski begitu, ada pula orang bertubuh gemuk yang kekurangan gizi karena asupan yang dia konsumsi bukanlah makanan yang sehat.
  2. Gampang lelah.
  3. Konsentrasi menurun.
  4. Depresi.
  5. Tidak mampu menjalankan tugas yang biasa dikerjakan.
  6. Mudah terkena infeksi karena penurunan sistem kekebalan tubuh.
  7. Proses penyembuhan luka lambat.
  8. Mudah kedinginan.
  9. Perubahan mood atau suasana hati.
  10. Kehilangan selera makan.
  11. Mudah terjatuh karena otot melemah.

Apa sih Penyebab Tubuh Kekurangan Gizi?

tanda-tubuh-kurang-giziKekurangan gizi terjadi ketika kamu tidak menjalani pola makan sehat. Atau bisa juga karena kondisi kesehatan yang membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan, atau membuat kamu kehilangan nafsu atau sulit untuk makan. Berikut penjelasannya:

  1. Diet terlalu ketat seperti membatasi asupan makanan tertentu (gula, garam, atau lemak) memang bisa membantu mengatasi jika kamu mengidap kondisi medis tertentu. Namun, hal tersebut bisa membuat kamu kekurangan zat  yang juga dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Mengalami gangguan makan seperti anoreksia nervosa. Pengidap anoreksia sering memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan. Hal ini membuat tubuh tidak mendapat nutrisi.
  3. Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak dapat mengganggu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh. Kebiasaan ini juga mungkin bisa membuat pecandu minuman beralkohol lupa untuk makan, karena merasa sudah cukup hanya dengan mengonsumsi minuman ini.
  4. Mengidap kondisi yang membuat nafsu makan terganggu seperti mual, penyakit hati, atau kanker.
  5. Mengidap kondisi yang membuat tubuh sulit mencerna atau menyerap nutrisi seperti penyakit Crohn.
  6. Menderita disfagia, kondisi yang membuat seseorang merasa sakit saat menelan.
  7. Faktor lain yang turut membuat tubuh kekurangan gizi yaitu masalah ekonomi, kurang pengetahuan mengenai nutrisi, kondisi gigi yang buruk sehingga kesulitan atau kesakitan untuk mengunyah makanan, atau selera makan berkurang akibat adanya gangguan pada indera perasa dan penciuman. Gangguan ingatan demensia dan gangguan jiwa skizofrenia juga bisa membuat penderitanya mengidap malnutrisi karena makan tidak teratur atau lupa makan sama sekali. 

Untuk mengecek apakah tubuh mengalami kekurangan gizi atau tidak, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter. Dokter akan menghitung indeks massa tubuh untuk mengetahui apakah berat badan dan tinggi badan kamu sudah seimbang atau tidak.

Mengatasi kekurangan gizi harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebabnya karena kondisi tertentu, maka dokter akan menangani kondisi tersebut sekaligus memperbaiki gizi tubuh kamu.

Perbaikan gizi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang sudah ditentukan oleh dokter. Suplemen mungkin diberikan untuk memberikan nutrisi tambahan.

Sebelum tubuh mengalami kekurangan gizi, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang tiap harinya. Makanan tersebut terdiri dari sayur dan buah, produk olahan susu, makanan berkarbohidrat (nasi, kentang, roti, sereal atau pasta), dan makanan berprotein (daging, telur, ikan, atau kacang-kacangan).

Bahaya Kekurangan Gizi

Tahukah Anda, di Indonesia masih sangat banyak yang menderita kekurangan gizi. Kekurangan gizi dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Pada kenyataannya hasil Riskesdas (riset kesehatan dasar) tahun 2013 masih ditemukan 19,2% balita memiliki status gizi kurang. Sedangkan proporsi balita kurus sebanyak 12,1%. Secara ilmu medis, kekurangan gizi itu ketika tubuh mengalami kekurangan satu atau lebih zat-zat esensial. Namun secara umum, kekurangan gizi berarti asupan makanan yang kurang dalam hal jumlah maupun kualitas.

Konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap nilai status gizi seseorang. Status gizi baik dapat terjadi bila tubuh memperoleh zat-zat gizi yang cukup. Ketika zat gizi seseorang terpenuhi, maka pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kemampuan kerja dan kesehatan tubuh akan meningkat. Kekurangan gizi juga dapat terjadi jika Anda atau anak Anda sedang mengalami gangguan kesehatan atau sedang menderita suatu penyakit tertentu. Namun, penyebab paling utama adalah karena kurangnya asupan makanan yang masuk dalam tubuh.

Dibawah ini ada sebagian bahaya dari kekurangan gizi seperti :

1. Mengganggu Fungsi Pertumbuhan

Anak-anak yang tidak tumbuh sesuai dengan normalnya, bisa jadi anak kekurangan suatu zat gizi. Contoh, jika anak mengalami kekurangan protein, maka akan memiliki otot-otot yang lembek dan rambutnya mudah rontok. Secara umum, anak-anak yang berasal dari keluarga tingkat sosial ekonomi menengah ke atas rata-rata lebih tinggi daripada anak-anak yang berasal dari keluarga dengan tingkat sosial ekonomi rendah.

Usia anak-anak merupakan masa terbaik untuk memberikan nutrisi yang cukup dan sempurna agar anak dapat tumbuh secara optimal. Sel-sel tubuh yang dimiliki anak dapat berkembang secara pesat dan sempurna jika mendapatkan nutrisi pendukung yang cukup. Ketika usia telah dewasa, perkembangan sel-sel tidak lagi secepat perkembangan sel ketika masih anak-anak. Maka dari itu jika boleh memilih, lebih baik Anda memberikan nutrisi yang labih banyak ketika anak Anda masih usia pertumbuhan karena manfaatnya akan lebih banyak.

Pada orang dewasa mungkin bukan lagi mengganggu fungsi pertumbuhan, namun kekurangan gizi akan berhubungan dengan estetika. Ketika Anda kurus, mungkin orang lain akan memberikan pandangan negatif pada Anda, yaitu Anda kekurangan asupan makanan.

2. Produksi Tenaga Berkurang

Untuk akibat yang satu ini Anda pasti sudah paham. Jika diibaratkan, seperti mesin yang tidak diberi bahan bakar maka tidak dapat berjalan. Nah, Anda mengkonsumsi makanan fungsinya yaitu untuk mensuplai energi tubuh. Sedangkan energi berfungsi untuk menggerakkan tubuh manusia. Jika Anda kekurangan energi maka dapat menyebabkan kekurangan tenaga untuk bergerak, bekerja dan beraktivitas. Dengan demikian orang akan menjadi malas, lemah dan produktifitas kerja menurun.

Secara umum Anda menyadari bahwa banyak orang yang mengatakan jika seseorang makan dengan porsi banyak sering disebut makanan porsi kuli atau tukang becak. Memang benar, karena kuli dan tukang becak membutuhkan energi yang lebih banyak untuk bekerja. Sehingga asupan makanan yang mereka butuhkan juga lebih banyak.

Pada anak atau orang dewasa yang sedang mengalami sakit, pada umumnya asupan gizi yang mereka terima lebih sedikit daripada pada saat kondisi sehat. Nah, mereka pasti akan mengalami lemas dan tidak bertenaga. Mengapa sih orang sakit kebanyakan mereka diberi pesan agar banyak makan? Inilah salah satu manfaatnya, yaitu agar mereka tidak sampai kekurangan gizi dan segera dapat memproduksi energi lebih banyak.

3. Menurunnya Daya Pertahanan Tubuh

Akibat kekurangan gizi yang berikutnya yaitu dapat menurunkan daya pertahanan tubuh. Ketika asupan makanan seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh, maka dapat membuat daya tahan tubuh Anda dapat menurun. Setelah imunitas seseorang turun, maka selanjutnya Anda akan mudah untuk terserang infeksi ringan seperti flu, batuk dan diare.

Selain itu jika Anda menderita suatu penyakit, ketika daya tahan tubuh Anda menurun maka akan memudahkan penyakit Anda untuk kambuh. Selanjutnya, jika Anda setelah menderita suatu penyakit dan asupan makanan yang Anda masukkan ke tubuh belum mencukupi kebutuhan, maka daya tahan tubuh Anda juga tidak segera pulih.

Jika Anda mengalami kekurangan gizi yang bersifat sesaat, mungkin Anda akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Nah, pada saat Anda mengalami penurunan daya tahan tubuh, Anda dapat dengan segera mengkonsumsi vitamin C. Karena vitamin C akan membantu tubuh berproses membangun pertahanan tubuh yang baru.

Baca Juga | Cara Kerja Jantung Pada Manusia Lengkap Dengan Penjelasannya

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs https://caramengobatileukimiastadiumawal.wordpress.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Link diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Tanda Tubuh Kekurangan Gizi