Cara Mengatasi Keluhan Saat Anak Tumbuh Gigi

Ketahui cara mengatasi keluhan saat anak tumbuh gigi , meskipun setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar “cara mengatasi keluhan saat anak tumbuh gigi”. Penting untuk anda ketahui, jika anda salah satu dari wanita yang saat ini memiliki buah hati yang telah melewati usia lima bulan tentu menjadi salah satu hal alami yang sangat dinantikan oleh para orang tua. Karena salah satunya adalah bayi usia 5 bulan hingga 6 bulan akan tumbuh gigi , meskipun kadang pula ada yang lebih dari itu bahkan kurang.

Dan setiap orang tua tidak bisa memprediksi secara tepat kapan gigi mulai muncul pada buah hatinya. Walaupun begitu, beberapa pertanda dapat menunjukkan bahwa gigi akan mulai tumbuh. Jenis dan juga tingkat dari tanda-tanda akan tumbuhnya gigi tersebut cukup beragam pada bayi satu ke bayi yang lain. Bagi sebagian bayi, pertumbuhan gigi dapat diartikan sebagai suatu masa ketidak nyamanan yang teramat dan juga suatu waktu dimana ia akan banyak menangis karena pertumbuhan tersebut. Sedangkan bayi yang lain mungkin saja melewati masa pertumbuhan gigi dengan cukup cepat, bahkan tanpa adanya terlalu banyak keluhan.

Berikut Cara Mengatasi Keluhan Saat Anak Tumbuh Gigi Yang Paling Ampuh

cara mengatasi keluhan saat anak tumbuh gigiPertumbuhan dan perkembangan bayi yang menggemaskan salah satunya adalah dengan senyuman disertai dengan pertumbuhan gigi susu pertamanya.Tumbuh gigi pertama kali diawali dengan akar gigi, kemudian ujung gigi mendorong melalui gusi. Awalnya bayi yang tumbuh gigi pertama kalinya di bagian depan atas atau dibagian bawah. Meskipun ini merupakan pertumbuhan yang normal, akan tetapi dapat berpengaruh tidak nyaman pada bayi. Beberapa orang tua sering kali kewalahan dikarenakan bayi rewel saat tumbuh gigi, ketidaknyaman ini berhubungan dengan rasa gatal, mudah tersinggung hingga menimbulkan rasa nyeri.

Bagaimana cara mengatasi ketidaknyamanan pada bayi saat tumbuh gigi, sehingga bayi tidak rewel pada saat tumbuh gigi?  Berikut beberapa tips ampuhnya :

  • Mengusap Gusi

Anda dapat mengusap gusi yang ditumbuhi akar gigi pada bayi anda, hal yang penting anda perhatikan adalah jangan memaksa bayi anda ketika akan mengusap gusi. Lakukan dengan memasukan jari anda ke dalam mulut bayi secara perlahan kemudian usap-usap pada gusinya. Untuk sebagian, mengusap gigi ini akan membuat nyaman bayi anda.

  • Mainan yang dimasukan ke dalam kulkas

Berikan mainan yang tidak membuatnya terluka, salah satunya teether yaitu mainan untuk digigit, sebaiknya anda membersihkan terlebih dahulu sehingga mengurangi kuman pada saat masuk ke dalam mulutnya. Selain itu anda dapat memasukan ke dalam lemari es terlebih dahulu, benda yang dingin ketika digigit bayi akan membuatnya nyaman.

  • Memberikan finger food

Selain mainan seperti teether, anda juga dapat memberikan finger food, selain dikarenakan biasanya tumbuh gigi pada usia 6 bulan sehingga makanan pendamping asi telah diberikan. Berikan finger food dalam ukuran yang memudahkan untuk digenggam, tidak membuat tersedak dan juga teksturnya mudah lumer di mulut bayi anda.

  • Memberikan makanan yang lembut

Biasanya saat si anak akan tumbuh gigi, dirinya jadi tak mau makan. Namun, Anda harus pintar-pintar merayu si anak agar tetap mau makan. Berikanlah si anak makanan yang lembut, seperti bubur, sayuran yang dihaluskan, dan makanan lembut lainnya. Tujuannya adalah agar si anak tidak merasa sakit saat mengunyah

  • Memberikan pijatan kepada anak

Pada saat si anak tidak merasa nyaman, Anda bisa memijatnya untuk mengurangi rasa sakitnya. Ketahuilah bahwa, keluhan yang dirasakan anak pada saat itu juga bisa membuatnya jadi tak bisa tidur. Untuk itu, pijatlah dengan lembut seluruh badannya agar si anak bisa terlelap.

Berikut Ini Keluhan Yang Dialami Bayi Pada Waktu Tumbuh Gigi

-Air liur yang menetes disertai ruam

Anda tidak perlu kaget ketika air liur bayi terus menetes pada waktu pertama kali tumbuh gigi. Hal ini merupakan kondisi umum ,yang dialami oleh bayi ketika tumbuh gigi. Akan tetapi Anda harus mewaspadai dampak air liur yang berlebih ketika mengenai kulit bayi yang sensitif akan mengakibatkan ruam. Biasanya disekitar dagu atau mulut bayi akan muncul ruam sehingga membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa meletakkan kapas ataupun handuk kecil dibawah dagu bayi supaya air liur terserap dan tidak menyebabkan kulit lembab. Untuk membersihkan air liur tersebut sebaioknya Anda jangan menggosoknya karena bisa menyebabkan iritasi. Usap dengan lembut air liur bayi sampai kering.

-Bayi terkena diare akibat air liur yang berlebih

Pada waktu pertama kali tumbuh gigi dan produksi air liur meningkat maka keluhan yang muncul pada bayi yaitu diare. Selain menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit wajah, air liur yang berlebih juga memberikan dampak negatif bagi pencernaan bayi. Kelebihan air liur biasanya menyebabkan bayi mengalami diare dan mencret. Selain itu, ruam popok juga akan muncul ketika bayi tumbuh gigi. Akan tetapi kelauhan ini akan perlahan menghilang seiring dengan tumbuhnya satu per satu gigi. Untuk mengatasi diare pada bayi saat tumbuh gigi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

-Menolak saat diberi makanan dan disusui

Biasanya, bayi yang rewel itu karena merasa lapar. Jadi sang ibu akan memberinya makanan atau dengan menyusui. Namun saat akan tumbuh gigi, bayi akan menolak saat diberi makan atau disusui karena rasa nyeri pada gusi.

-Bayi terkena demam

Rasa sakit akibat gigi yang menembus gusi biasanya menyebabkan bayi terkena demam yang cukup tinggi. Anda tidak perlu panik karena hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengompres bayi dengan air hangat dan segera lakukan konsultasi dengan dokter.

-Ruam pada dagu atau wajah

Jika bayi anda sedang dalam masa pertumbuhan gigi dan dia mengeluarkan sangat banyak air liur, kemungkinan akan mengalami ruam kulit yang kering yang muncul di sekitar area mulut, dan juga dagu (kadang juga muncul di area leher) bisa saja terjadi. Penyebabnya dalah kontak langsung dengan air liur itu sendiri. Mengusap air liur si bayi dengan sapu tangan atau sejenisnya bisa membantu mengurangi kemungkinan timbulnya ruam. Menggunakan krim kulit khusus untuk bayi juga bisa dilakukan.

-Lemah

Pertumbuhan gigi tidak hanya bekerja pada siang hari saja. Bersamaan dengan munculnya gigi bayi anda, rasa tidak nyaman juga akan dialaminya pada saat malam hari tiba (bahkan saat dia berhasil tidur nyenyak di malam sebelumnya). Untuk memberinya kenyamanan, pastikan dia bisa kembali tenang. Jika ternyata tidak bisa, anda bisa membantunya dengan menepuknya atau menyanyikan lagi nina bobo untuk menghidari pemberian susu di malam hari (yang akan menjadi masalah bagi anda kelak saat proses pertumbuhan gigi selesai).

Terus kunjungi situs https://caramengobatileukimiastadiumawal.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Cara Mengatasi Keluhan Saat Anak Tumbuh Gigi